dr. Bocor

Kolam Renang

Area kolam renang juga salah satu area yang wajib menggunakan waterproofing selain untuk menjaga volume air didalamnya agar tidak berkurang. Untuk beberapa kasus kolam renang yang berada di lantai atas juga memerlukan extra treatment untuk area tsb. Selain spesifikasi waterproofing yang baik, struktur penahan kolam renang tsb juga harus dirancang sekuat mungkin agar tidak menyebabkan kerusakan pada bangunan karena kolam renang mempunyai beban tetap dan beban bergerak yang cukup besar,

  • Waterproofing pada kolam renang sebaiknya dilakukan double protection selain dari lapisan luar, bisa juga ditambahkan waterproofing integral yang dapat dicampurkan kedalam concrete saat proses pengecoran.
  • Sebelum ditutup dengan mosaic juga perlu diwaterproofing, bisa dengan menggunakan produk (cement base atau PU) kedua product harus dikombinasi dengan rubber/plastic mesh untuk memperkuat lapisan waterproofing dan mencegah crack.
  • Lakukan tes rendam jika lapisan waterproofing sudah kering sempurna untuk memastikan tidak ada area yang bocor sebelum ditutup dengan mosaic.
  • Catatan penting saat proses pemasangan mosaic dilarang menggunakan paku yang ditancapkan ke permukaan kolam karena akan merusak lapisan waterproofing yang telah diaplikasikan dengan baik dan sudah dilakukan tes rendam.
  • Jika terjadi kebocoran setelah dilakukan pemasangan mosaic, maka pencarian solusi kebocoran akan jauh lebih sulit karena tidak dapat dilihat dengan jelas.