dr. Bocor

Dinding Perimeter

Dari sekian banyak yang bisa menjadi penyebab kebocoran dinding perimeter rumah, dapat dipastikan semua air yang tembus disebabkan karena adanya keretakan pada area tsb. Hampir diseluruh rumah dengan dinding perimeter berukuran besar pasti mengalami keretakan dan mengalami masalah kebocoran yang berasal dari dinding. Beberapa cara penanggulangannya adalah

  • Periksalah pusat penyebab kebocoran dari luar (jika dapat diakses), jika sudah ditemukan maka sebaiknya lakukan penutupan pada keretakan dari luar dengan filler atau dengan campuran mortar dengan mutu yang baik.
  • Jika area yang mengalami keretakan sudah ditutup sempurna maka dapat dilakukan pelapisan waterproofing dengan menggunakan fibber mesh pada dinding agar memperkuat lapisan waterproofing. Tentunya harus menggunakan spesifikasi waterproofing yang bisa menahan sinar UV. Jika salah menggunakan product waterproofing maka akan menyebabkan kerusakan yang sama dengan sebelumnya.
  • Jika pada area luar tersebut tidak bisa diakses (berbatasan dengan dinding tetangga, etc) maka tetap harus dicari sumber kebocoran tersebut tapi apakah dari atas sambungan dinding atau dari bagian lain. Jika semua keretakan sudah ditutup dan masih ada bercak pada dinding (ngompol) maka bisa dilakukan proteksi dari bagian dalam dinding (negative pressure) karena sudah beberapa brand waterproofing yang mempunyai product untuk melindungi dari bagian dalam (negative pressure area).