dr. Bocor

Dinding Basement

Seperti yang kita tahu dan banyak terjadi pada beberapa bangunan di Indonesia terutama pada daerah yang memiliki muka air tanah cukup tinggi atau memiliki area basement yang cukup dalam. Pasti mengalami beberapa masalah karena dinding penahan tanah pada bangunan tsb juga menahan air tanah dengan tekanan yang tinggi. Banyak kasus yang terjadi dengan berbagai tipe dari sekedar bercak pada dinding sampai air mengalir melalui dinding.

  • Untuk masalah yang timbul berupa aliran air yang ada di dinding basement harus ditahan menggunakan bahan yang dapat kering dalam waktu yang singkat supaya bisa menghentikan aliran air tsb. Jika menggunakan mortar biasa maka tidak akan berhasil krn akan terus basah.
  • Untuk beberapa area yang mengalami masalah bercak air (ngompol) pada dinding basement bangunan maka disarankan menggunakan waterproofing yang dapat mencegah kebocoran dari dalam (negative pressure) karena kita tidak dapat mengakses bagian luar basement (tanah). Bahan waterproofing dengan kegunaan tersebut memang dapat menjadi solusi untuk area yang mengalami masalah kebocoran yang cukup unik tsb.