dr. Bocor

Dak Beton

Area dak beton adalah salah satu area yang paling rawan mengalami kebocoran pada bangunan dan banyak kasus yang dapat kita temukan. Jika kita mengerjakan waterproofing pada saat bangunan dibangun maka kita perlu:

  • Memastikan area tersebut langsung terkena sinar matahari atau tidak krn ada juga area dak yang menggunakan penutup lantai (keramik, floor decking, screed), dan kita harus tau kegunaan dari dak tersebut apakah hanya untuk service area (meletakan antena, outdoor ac, etc) atau digunakan sebagai area yang sering digunakan (tempat cuci, bbq area, taman buatan, balcony, etc) untuk menyesuaikan material yang akan digunakan.
  • Hal yang harus diperiksa dengan cermat adalah kualitas dan mutu beton pada area dak terserbut. Kondisi dak harus dalam keadaan baik (mempunyai mutu beton yang sesuai spesifikasi bangunan dan tidak ada crack) karena jika kondisi beton kurang baik maka akan menyebabkan lapisan waterproofing cepat rusak karena waterproofing tidak dapat menahan kegagalan struktur yang terjadi.
  • Sebelum mulai pastikan area sudah levelling dan semua kemiringan diarahkan dengan benar ke floordrain pada dak tersebut.
  • Jika point A-C sudah dilakukan dengan baik maka aplikasikan waterproofing sesuai dengan standar kerja masing-masing produk dengan baik dan sesuai.

Jika kita mengerjakan waterproofing pada bangunan yang telah mengalami kebocoran maka kita perlu:

  • Kebocoran yang terjadi pasti disebabkan karena adanya keretakan, jika terjadi keretakan pada pleseteran maka kita perlu memeriksa area sekitarnya karena keretakan plesteran biasa menimbulkan popping pada area sekitarnya, maka kita harus memperbaiki area popping tersebut dengan pleseteran baru dan setelah itu baru kita lapisi dengan waterproofing yang baru dengan baik.
  • Jika terjadi retak yang menjalar sampai ke beton maka keretakan beton tersebut harus diperbaiki karena jika tidak maka penggunaan waterproofing tidak akan maksimal. Keretakan pada beton tersebut bisa menggunakan filler additive yang berbahan epoxy atau bisa menggunakan beton dengan additive yang dapat masuk ke selah-selah retak pada beton tsb.
  • Untuk area sudutan antara dak dengan dinding juga merupaka area yang rawarn mengalami keretakan maka harus diberi treatment ekstra pada bagian tersebut, biasa dapat menggunakan lapisan tambahan yang memiliki elastisitas tinggi atau bisa juga membuat chamfer dari mortar instant pada area tsb.
  • Untuk area dengan bentang yang cukup luas juga disarankan menggunakan lapisan (mesh) bisa berupa fibber mesh atau rubber mesh yang ada di beberapa brand waterproofing di Indonesia. Kegunaan material ini untuk menguatkan lapisan waterproofing tsb dan menghindari timbulnya retak rambut penyebab kebocoran.